Cara Membuat File PDF dari Word

Cara Membuat File PDF dari Word bisa dilakukan tanpa software atau aplikasi sama sekali. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan pada Microsoft Office Word 2010 dan Word 2013. Jika versi Word Anda adalah Office 2007 maka Anda perlu mendownload add-on dari microsoft. Seperti yang kita ketahui, merubah file word ke PDF ini sangat diperlukan jika Anda ingin mendistribusikan file tersebut namun Anda tidak ingin orang lain dapat dengan mudah untuk mengubah isi di dalamnya. Apalagi file PDF lebih aman dari serangan virus sehingga kita lebih merasa tenang untuk mendistribusikannya kepada pihak yang berkepentingan. Walaupun sekarang banyak software converter untuk mengubah file word ke pdf, namun menurut saya menggunakan add-on dari microsoft tersebut lebih ringan dan lebih nyaman karena tidak perlu menginstal aplikasi lain yang menyebabkan komputer menjadi tambah sesak dengan hadirnya aplikasi bari yang terinstal. Apalagi file PDF lebih aman dari serangan virus sehingga kita lebih merasa tenang untuk mendistribusikannya kepada pihak yang berkepentingan. Pada pembahasan kali ini, kita akan membagi cara membuat file pdf dari word ke dalam 2 bagian yaitu :

Membuat file PDF dari Microsoft Word 2010 dan 2013

Jika versi microsoft ofiice Anda adalah 2010 atau 2013, maka untuk merubah word ke PDF bisa dilakukan dengan sangat mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan file word yang akan di convert menjadi PDF
  2. Klik File kemudian pilih Save As..Pada contoh di bawah ini menggunakan Word 2010, untuk Word 2013 caranya juga hampir sama.

  3. membuat pdf dari word 2013

  4. Tentukan lokasi dimana Anda ingin menyimpan dan beri nama file tersebut terserah Anda. Dan ini bagian yang terpenting adalah pada pilihan Save As Type, pilih PDF (*.pdf). Kemudian klik Save.
  5. membuat pdf dari word 2010

  6. Selesai. Anda sudah bisa membuat file PDF dari Word menggunakan Word 2010 maupun Word 2013

Membuat file PDF dari Microsoft Word 2007

 Jika pada cara di atas sangat mudah dengan hanya menggunakan fasilitas Save As untuk membuat PDF, maka pada Microsoft Word 2007 cara ini belum bisa dilakukan karena secara default atau bawaan dari Microsoft-nya save as menjadi PDF ini tidak tersedia. Oleh karena itu Anda perlu add-on atau tambahan yang perlu diinstal agar terdapat pilihan save as menjadi PDF pada pilihan file yang tersedia. Download dulu add-on tersebut melalui link di bawah. Jika Anda disarankan untuk mendownload file lainnya maka hiraukan saja.

Download Add-on PDF

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Install file yang telah di download tadi dengan cara double klik pada file tersebut. Pastikan Microsoft Office Anda sedang tidak berjalan ketika proses penginstalan.
  2. Setelah selesai, maka buka file word yang ingin dijadikan PDF menggunakan Microsoft Word 2007.
  3. Klik tombol Office pada bagian kiri atas kemudian arahkan kursor ke Save As dan pilih PDF
  4. cara membuat file pdf dari word 2007
  5. Berikan nama file terserah Anda dan lokasi penyimpanannya
  6. Selesai. File PDF Anda sudah terbuat.
Sekian artikel mengenai cara membuat file PDF dari Word dan semoga bermanfaat. Baca juga artikel komputer lainnya tentang cara mengetahui spek VGA. Terima kasih.

Labels: ,