Cara Screen Capture / Screenshot di Laptop

Screen capture atau ada juga yang menyebutnya screenshot adalah mengambil gambar pada layar laptop atau komputer yang kemudian dapat didistribusikan dalam sebuah file image. Screen capture ini sangat  berguna bagi Anda yang sering bekerja dengan cara mendemonstrasikan apa yang Anda kerjakan pada komputer, seperti tutorial komputer. Atau mungkin berguna juga bagi Anda yang ingin menunjukkan pada teman Anda seberapa bagusnya tampilan layar desktop Anda yang full customize dengan wallpaper yang cantik dan beberapa plugin tertentu yang semakin menambah layar komputer Anda makin sedap di pandang mata. Lalu bagaimana caranya untuk melakukan screen capture atau screenshot di laptop? 
cara screen capture di laptop

1. Cara screen capture satu layar penuh

Untuk dapat melakukan screen capture penuh dalam satu layar laptop bisa dilakukan dengan fasilitas yang sudah disediakan pada laptop sehingga tidak perlu ada software tambahan. Software tambahan untuk screen capture biasanya dibutuhkan jika kita ingin membuat screen capture hanya pada sebagian layar laptop, nanti akan kita bahas pada point kedua. Berikut adalah cara untuk membuat screenshot satu layar penuh.

  1. Posisikan layar laptop Anda adalah layar yang ingin diambil screenshotnya. Misalnya jendela desktop Anda.
  2. Tekan tombol Prt Sc SysRq pada keyboard laptop Anda, tombol ini biasanya terletak pada daerah pojok kanan keyboard. Setelah tombol ini ditekan, secara otomatis sistem akan menyimpan gambar yang telah Anda ambil screenshotnya ke dalam memori sementara sistem.
  3. Buka aplikasi olah gambar seperti paint dan sebagainya untuk menampung gambar screenshot. Anda juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word jika Anda langsung ingin memasukkannya ke dalam dokumen Anda.
  4. Tekan tombol Ctrl dan V pada keyboard (Ctrl+V) untuk mem-paste gambar
  5. Ubah dimensinya sesuai kebutuhan kemudian simpan.

2. Cara screen capture pada sebagian layar

Seperti yang telah dikatan tadi bahwa untuk dapat melakukan screen capture pada sebagian layar laptop Anda dapat dilakukan dengan menggunakan software dari pihak luar. Sebenarnya ada banyak sekali software untuk screen capture di luaran sana, namun yang saya biasa pakai dan saya rekomendasikan adalah menggunakan Greenshot. 
  1. Download Greenshot melalui link berikut http://getgreenshot.org/downloads/
  2. Install software tersebut (saya yakin temen-temen udah tau cara install program jadi saya tidak menjabarkan cara menginstallnya)
  3. Setelah selesai install, jalankan program tersebut. Tanda program tersebut sudah jalan adalah adanya logo greenshot pada system tray di pojok kanan bawah laptop Anda.
  4. Untuk dapat melakukan screenshot pada sebagian layar, tekan tombol Prt Sc SysRq pada keyboard (tombol ini bisa diganti pada pengaturan greenshot Anda)  maka akan muncul tanda panah besar pada layar
  5. Klik satu kali pada area layar untuk mulai crop kemudian tahan sampai titik mana Anda akan mengambil screenshot. 
  6. terdapat pilihan apakah Anda ingin menyimpannya langsung dalam bentuk gambar,langsung di print, atau langsung masukkan ke aplikasi office Anda. Semua tergantung kebutuhan Anda. 

Labels: