Cara Mengetahui BTS Terdekat

Trik cara mengetahui BTS terdekat ini sangat penting untuk mengarahkan modem atau smartphone agar didapatkan sinyal yang maksimal. Lokasi BTS yang dekat dengan rumah pasti akan mendapatkan sinyal yang bagus, begitu juga sebaliknya jika lokasi rumah jauh dengan BTS sinyal yang didapat akan semakin lemah pula. Dengan mengetahui lokasi BTS juga dapat digunakan untuk mengarahkan antena modem karena saat ini banyak bertebaran trik mempercepat internet dengan menggunakan antena besar seperti antena tv kemudian dihubungkan dengan modem.

Trik mengetahui lokasi BTS terdekat ini saya menggunakan aplikasi smartphone Android yaitu Open Signal. Untuk smartphone lain seperti BlackBerry atau iPhone saya belum mencobanya, jadi belum bisa memberi review dan caranya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Download dan install aplikasi Open Signal di link berikut Open Signal
  2. Setelah selesai, buka palikasi tersebut. Tampilan awal dari aplikasi adalah sebagai berikut
  3. Klik pada gambar BTS yang telah saya beri tanda panah tersebut. Akan muncul map yang berisi informasi lokasi kita dan beberapa BTS yang berada di sekitar lokasi kita. Jadi dari aplikasi ini kita jadi tahu BTS dari operator apa yang dekat dengan lokasi kita berada.
Fitur yang cukup menarik dari palikasi ini adalah petunjuk kompas yang mengarahkan darimana arah sinyal berasal. Aplikasi ini selain bisa memberikan informasi lokasi BTS juga dapat untuk mengetahui kecepatan internet yang kita miliki. Selain itu juga bisa mengetahui lokasi WiFi/router terdekat, jadi tidak hanya lokasi dari sinyal seluler. 

Labels: ,